Faringitis (Radang Tenggorokan)

Faringitis adalah penyakit radang tenggorokan yang kebanyakan disebabkan oleh virus. Biasanya bila penyakit ini disebabkan oleh virus maka tidak ditemukan nanah di tenggorokan.

Virus penyebab radang tenggorokan ini tergolong dalam Respiratory syncytial virus (RSV), yaitu jenis virus yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasa seperti tenggorokan ini.Jenis virus Respiratory syncytial virus terdiri atas 2 subtipe yaitu tipe A dan B, namun tidak ada perbedaan antara keduanya .

Virus ini bersifat patogen. Seseorang dapat terserang virus ini karena beberapa hal penyebab,salah satunya karena terjadi penurunan sistem imun yang
akan me-ningkatkan sensitisasi alergen dan tidak aktifnya
respons anti-virus sehingga infeksi dapat terserang ke dalm tubuh.

Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah rasa sakit pada tenggorokan, tenggorokan terasa tersumbat secara konstan, rasa sakit saat menelan terutama saat menelan ludah, suara berubah menjadi serak dan timbul batuk, mulut berbau kurang sedap,demam, sakit kepala, rasa sakit pada otot dan sendi, muntah-muntah, mual, radang pada hidung, sering keluar ingus. Penyakit ini dapat bertahan 1-2 hari dalam tubuh atau dalam kondisi tertentu dapat bertahan seminggu.

Bila faringitis ini disebabkan oleh virus,maka pengobatan tidak perlu dengan antibiotik, gunakan saja obat yang dapat menghilangkan gejala-gejala yang terjadi. Pemberian obat yang dianjurkan adalah obat jenis suportif seperti antipiretik dan obat batuk sangat membantu penyembuhan, juga pemberian analgetik yang dapt mengurangi rasa nyeri.

Beberapa pencegahan dan perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan ini antara lain:istirahat yang cukup, berkumur denagn air garam hangat beberapa kali sehari, berhenti merokok bagi para perokok, banyak minum, dan hindari makanan yang dapat menyebabkan iritasi,dan banyaklah makan vitamin.Tindakan pencegahan juga dapat dilakukan dengan menghindari pemakain pelembab udara yang berlebihan. Untuk pengobatan alamiah, beberapa tumbuhan dapat digunakan untuk obat radang tenggorokan ini, diantaranya: Sambiloto (dapat sebagi analgetik,anti inflamasi), pegagan (dapat sebagai anti-infeksi,anti toksik) ,lidah buaya (sebagai anti radang/ anti inflamasi), daun sambung nyawa (sebagai anti inflamasi), daun dewa (sebagai anti radang).


Daftar pustaka:

http://aidsinfonet.org..

www.medicastore.com

www.solusisehat.net

www.kalbefarma.com

Windows Mobile® phone.