TEKHNIK RELAKSASI DAN AKUPUNKTUR

RELAKSASI

Teknik relaksasi merupakan salah satu langkah untuk mengontrol stress akibat kelelahan kerja. Teknik-teknik relaksasi yang dapat dilakukan antara lain:
a. Tarik nafas yang dalam:
1. Berdiri dengan kaki terbuka dan tangan Anda berada di samping
2. Tutup mata Anda dan biarkan kepala Anda jatuh ke depan
3. Tarik napas perlahan-lahan dari hidung. Tarik napas yang dalam, tahan perut Anda, kemudian paru Anda mambesar
4. Tahan napas Anda sesaat
5. Keluarkan napas Anda secara perlahan-lahan melalui hidung Anda
6. Ulangi teknik ini sampai Anda merasa relaks
7. Kemudian buka mata secara perlahan-lahan.
b. Relaksasi otot:
1. Duduklah di kursi yang nyaman
2. Tutup mata Anda
3. Kepalkan tangan Anda. Tahan tekanannya selama beberapa detik dan konsentrasikan pada tangan Anda
4. Kemudian kurangi tekanan kepalan tangan Anda perlahan-lahan. Rasakan tekanan itu menghilang dari tangan Anda
5. Ulangi latihan ini untuk bagian yang lain: wajah, kulit kepala, mata, bahu, perut, pantat, lengan dan kaki.
c. Relaksasi bahu dan leher:
Pelajari teknik ini dengan bantuan orang lain atau Anda dapat saling memijat. Langkah-langkah bagi orang yang memijat:
1. Biarkan rekan Anda duduk dengan nyaman
2. Berdiri di belakang rekan Anda
3. Sarankan kepada rekan Anda untuk melepaskan kacamatanya dalam pikiran sesuatu yang menyenangkan
4. Ulurkan tangan Anda ke pundak rekan Anda sebagai permulaan
5. Lakukan dengan lembut tetapi sungguh-sungguh, ratakan tekanan dengan ibu jari Anda melintasi pundak bagian atas. Mulailah dari leher hingga bagian bawah pundak dan kembali lagi menuju ke atas sampai leher
6. Dengan menggunakan kedua tangan, pijatan melintasi pundak bagian atas dengan gerakan meremas, dari leher sampai ujung pundak dan punggung
7. Temukan tulang belakang di dasar leher. Letakkan ibu jari Anda di kedua sisi kiri dan kanan tulang belakang dan lakukan pijatan-pijatan lembut dengan tekanan yang pasti. Lanjutkan turun ke bawah kemudian naik lagi. Jangan pijat pada bagian tulang belakang
8. Temukan dasar dari tengkorak kepala di bagian belakang. Gunakan tekanan memutar di salah satu bagian tulang belakang dengan kedua ibu jari Anda
9. Letakan tangan Anda pada dagu rekan Anda, tangan yang satu lagi di belakang leher untuk menunjang. Pertama-tama perlahan-lahan dan hati-hati putar kepala dalam satu arah kemudian sebaliknya
10. Minta rekan Anda mengencangkan otot-otot pada daerah giginya. Temukan otot-otot rahang rekan Anda. Kemudian minta rekan Anda untuk rileks kembali. Gunakan tiga jari untuk memijat-mijat otot-otot rahang rekan Anda
11. Gunakan jari-jari Anda untuk memijat pelipis rekan Anda. Lakukan melintasi dahi dan kembali ke pelipis
12. Letakan bagian belakang tangan Anda dengan lembut di pundak sebagai petutupan.

PIJAT MUDAH

Istilah lain dari teknik ini adalah ACUPRESSURE, dimana perbedaan dari AKUPUNTUR adalah cara menyentuh/memijat TITIK atau lokasi tertentu di tubuh yang sudah didefinisikan. Terapi pijat memiliki efektifitas cukup tinggi jika dilakukan pada titik yang tepat dan menggunakan teknik yang benar. Bukan hanya melancarkan peredaran darah, tapi juga menambah energi karena secara mekanistis memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit. Akan tetapi pemijatan tersebut tetap membutuhkan pemantauan ahli karena bila titik yang dipijat meleset, maka efek yang akan didapatkan akan berbeda. Salah-salah malah bertolak belakang.
Pijatan akupresur ini menghilangkan rasa sakit, ketegangan dan rasa sesak pada bagian atas punggung, bahu, leher dan kepala. Seringkali dengan terjadinya ketegangan dan trauma, energi menjadi berkumpul di bahu, leher dan kepala. Karena hampir semua energi meridian mengalir melalui bagian ini maka hal tersebut di atas bisa mengakibatkan penyumbatan. Pijatan-pijatan bisa dilakukan untuk diri sendiri maupun orang lain, sambil duduk ataupun sambil tidur terlentang. Pijatan ini sangat baik dilakukan pada malam hari ketika tidak bisa tidur karena merasa cemas.
Petunjuk melakukan Pijat Mudah :
a. Pijat Mudah menggunakan tangan, jari atau benda tumpul (tidak melukai jika digunakan) untuk "menyentuh/memijat" TITIK yang ditunjukkan dari teknik ini.
b. Pijatan yang tepat pada TITIK-nya dan sesuai dengan keluhan, biasanya akan menimbulkan rasa sakit, lakukan terus pijatan (sesuai kemampuan pasien menahan sakit) sampai rasa sakit hilang atau berkurang.
c.Semua TITIK, kecuali yang berada tepat ditengah tubuh (depan & belakang), berpasangan di bagian kanan & kiri tubuh.


DAFTAR PUSTAKA

www.asthma.org.au/LinkClick.aspx?

www.medikaholistik.com/2033/2004/11/28/medika.html?xmodule=document_detail&xid=30

Turana, Yuda dr. Mengatasi serangan panik. 29 Maret 2003. http://www.geocities.com/CapeCanaveral/Hall/5635/acu/acupoints.html

Areksamaan. http://www.geocities.com/areksamaan/

http://www.hanyawanita.com/mylanta/stress_relieve/article.php?article_id=3482&_page=1

Krisna, Ida. Mengusir sakit kepala tanpa obat. 12 Apr 2006 17:51:54 -0700. http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2002/06/4/kes02.html

Patricia Mathes Cane Ph.D. Diterjemahkan oleh Nina Jusuf, Francisca Tapan, Stephanie Riechmann. 2005. Pijatan kepala leher bahu. www.capacitar.org