Manfaat Jus Bagi Kesehatan


SEJAK ribuan tahun lalu manusia telah menggunakan berbagai tumbuh-tumbuhan yang sekarang dikenal sebagai sayuran maupun buah-buahan untuk dimakan dan diolah secara alami tanpa menggunakan campuran apa pun.
Buah dan sayur terasa enak, segar dimakan, selain memiliki kandungan zat gizi yang banyak seperti vitamin dan mineral. Vitamin A berfungsi mempertahankan kesehatan mata, struktur kulit, rambut, dan gigi. Pada pangan nabati vitamin A dapat diperoleh dari sayuran daun berwarna hijau gelap seperti bayam, katuk, dan buah atau sayuran berwarna kuning/oranye seperti wortel, kentang, tomat, labu kuning, pepaya, mangga, dll. Buah dan sayur yang kaya vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke, dan infeksi virus. Vitamin E banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau (bayam) dan tomat. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, kesehatan gusi, dan mencegah terjadinya luka memar. Dalam buah-buahan vitamin C banyak terdapat pada jambu biji, jeruk, tomat, mangga dan sirsak.
Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan banyak buah-buahan dan sayuran selain sarat mengandung vitamin dan mineral juga mengandung zat nongizi yang ternyata manfaatnya besar bagi kesehatan. Zat nongizi yang dimaksud adalah serat, phytokimia, dan lain-lain.
Dari penelitian yang telah dilakukan terungkap bahwa phytokimia dapat menetralkan racun obat dan zat karsinogen dengan jalan menetralkan radikal bebas, menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen sekaligus merangsang enzim yang menetralkan zat karsinogen.
Buah-buah dan sayuran yang mengandung phytokimia di antaranya bayam, kangkung, brokoli, sawi, kacang-kacangan, tomat, pepaya, anggur, jeruk, wortel, dan lain-lain.
Buah-buahan biasanya dikonsumsi segar. Sayuran diolah dengan cara dimasak dengan sedikit air (ditumis) maupun berupa masakan berkuah misalnya sup. Cara lain yang banyak dilakukan akhir-akhir ini yaitu dalam bentuk jus.
Bagi yang sibuk, membeli jus di kedai makanan dan minuman lebih praktis bila dibandingkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun, bila ditelaah lebih lanjut, membuat jus tidak memerlukan keterampilan khusus karena proses pembuatannya sangat sederhana. Kombinasi berbagai macam buah dan sayur akan menjadikan jus kelihatan menarik. Selain itu, kombinasi tersebut akan menambah khasiat jus itu sendiri. Mengkonsumsi jus lebih menguntungkan dibanding dengan menyantap buah potong. Dengan mengonsumsi jus, asupannya relatif bisa lebih banyak dengan demikian manfaatnya pun lebih besar.

Berikut disampaikan tips untuk menyiapkan jus:
• Untuk jus sebaiknya dipilih buah segar, matang dan belum lama disimpan agar mendapatkan jus yang enak dan bermanfaat bagi tubuh.
• Jus sebaiknya diminum sesegera mungkin setelah jadi, sebelum kandungan vitamin larut airnya rusak oleh oksigen, cahaya ataupun panas.
• Untuk pemanis sebaiknya menggunakan madu atau gula merah.
• Warna buah-buahan untuk jus akan lebih cemerlang dan tidak berubah warnanya bila dicampur dengan sedikit air jeruk lemon atau nipis.

Berikut resep-resep jus buah dan sayur yang baik bagi kesehatan:

Jus Mangga
Khasiat: obat asma, bronkhitis, sesak napas, dan influensa berat
Bahan: 200 g mangga masak pohon
100 g air hangat
? sdm jeruk nipis
2 sdm madu

Cara membuat:
Semua bahan dimasukkan ke dalam blender
Terapi: diminum 2 kali sehari sampai gejala penyakit hilang

Jus Wortel Seledri
Khasiat: menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah
Bahan: 300 g wortel
1 genggam daun seledri (± 3 sdm)
2 siung bawang putih
? sdt garam
? sdt merica bubuk
Cara membuat:
Semua bahan dicampur dan dimasukkan ke dalam juicer. Diambil sarinya saja tanpa serat dengan menggunakan juice ekstractlor atau saringan.
Terapi: diminum 1 kali sehari sampai gejala penyakit hilang

Jus Kombinasi Buah
Khasiat: melancarkan pencernaan, sembelit, dan kembung perut
Bahan: 100 g pepaya
100 g apel
100 g nenas
2 sdm jeruk nipis
2 sdm madu
200 cc air es

Cara membuat:
Semua bahan dimasukkan ke dalam juicer
Terapi: diminum sebelum sarapan pagi

Jus Aneka Sayur
Khasiat: menyempurnakan alergi, eksim, sakit punggung, rasa kejang jantung, dan menjaga kesehatan usus.
Bahan: 150 g wortel
100 g bayam
100 g ketimun
50 g seledri
3 sdm madu
1 sdm dari jeruk nipis
100 cc air dingin atau es
Cara membuat:
Semua bahan dimasukkan ke dalam juicer
Terapi: diminum 1 kali sehari sesudah makan.

Khasiat Mangga

Di balik rasanya yang enak dan segar, mangga juga kaya berbagai vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Buah yang sekarang ini sedang musim, mengandung pula aktioksidan yang tugasnya melawan radikal bebas, penyebab berbagai macam penyakit degeneratif, seperti kanker, tekanan darah tinggi, dan jantung koroner.

Tanaman mangga berbunga pada bulan Juli-Agustus, dan buah dipanen pada bulan September-Desember. Buah mangga umumnya dipanen setelah tua, yang ditandai oleh bagian pangkal buah yang membengkak rata dan warnanya mulai menguning. Berikut ini keuntungan buah mangga bagi kesehatán:

1. Sumber Serat
Kandungan serat dalam buah mangga sekitar 1,8 persen, memberikan kontribusi yang cukup terhadap kebutuhan serat manusia. Serat pangan memiliki peran fisiologis terhadap usus. Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), jantung koroner, diabetes melitus, hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol), hipertensi, hiperlipidemia (kelebihan lemak), dan kanker usus.

Serat pangan buah mangga terdiri dari serat pangan larut, yaitu pektin dan serat pangan tidak larut, yaitu selulosa. Masing-masing jenis serat pangan ini sangat penting bagi kesehatan manusia.

Fungsi utama serat pangan larut:

* Memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus, sehingga aliran energi ke tubuh menjadi berkurang,
* Memberi perasaan kenyang yang lebih lama,
* Memperlambat penyerapan glukosa, sehingga membutuhkan sedikit insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi,
* Membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar,
* Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan motilitas atau pergerakan usus besa
* Mengurangi risiko penyakit jantung,
* Mengikat asam empedu,
* Mengikat lemak dan kolesterol, kemudian mengeluarkannya melalui feses.

Fungsi utama serat pangan tidak larut air:

* Mempercepat waktu transit (waktu tinggal) makanan dalam usus dan meningkatkan berat fses,
* Memperlancar proses buang air besar dan
* Mengurangi risiko wasir, divertikulosis, dan kanker usus besar.

2. Sumber Antioksidan
Kemampuan antioksidatif dari buah mangga dihasilkan oleh berbagai senyawa yang terdapat di dalamnya, yaitu betakaroten, senyawa fenolik, lupeol, vitamin C, E, serta beberapa mineral seperti Cu, Zn, Mn, dan Se. Senyawa-senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kanker. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh lingkungan lainnya. Radikal ini apabila tidak dinetralkan oleh senyawa antioksidan, dapat menyerang partikel dan molekul lain dalam tubuh, menyebabkan perubahan mendasar pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya.

Berdasarkan hasil evaluasi aktivitas antioksidan dan beberapa buah tropis, diketahui bahwa mangga memiliki aktivitas penangkapan terhadap radikal hidroksil (OH-) yang sangat kuat, serta dapat melindungi deoksiribosa lebih baik dibandingkan dengan antioksidan sintetik (BHA dan BHT). Penelitian juga menunjukkan bahwa mangga memiliki kemampuan menangkap HOCI lebih kuat daripada pisang (Murcia et al, 2001).

3. Sumber Vitamin C
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Jika setiap 100 gram mangga masak rata-rata dapat memasok vitamin C sebanyak 41 mg, dengan mengonsumsi mangga ranum 150 gram, kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi. Di samping berfungsi sebagal antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C juga membantu penyembuhan luka.

4. Sumber Kalium
Kalium terdapat dalam jumlah besar pada buah mangga. Tiap 100 gram mangga mengandung kalium 156 mg. Dengan mengonsumsi buah mangga minimal 250 gram, kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko terkena stroke.

Oleh: Prof. DR. Made Astawan,
Ahli Teknologi Pangan dan Gizi

Khasiat Dan Manfaat Buah-Buahan Alami Bagi Tubuh Manusia
Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.
Di bawah ini kita dapat melihat kandungan, khasiat dan manfaat sehat dari beberapa jenis buah yang ada di bumi :
1. BUAH TOMAT (TOMATO)
- tomat mengandung vitamin A, B1 dan C.
- tomat dapat membantu membersihkan hati hati dan darah kita.
- tomat dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. gusi berdarah.
b. rabun senja / kotok ayam.
c. penggumpalan darah.
d. usus buntu.
e. kanker prostat dan kanker payudara.
2. BUAH PEPAYA (PAPAYA)
- pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A.
- pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan.
- pepaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan.
- pepaya dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menyembuhkan luka.
b. menghilangkan infeksi.
c. menghilangkan alergi
3. BUAH PISANG (BANANA)
- pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
- pisang dapat membantu mengurangi asam lambung.
- pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
- pisang dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. gangguan pada lambung.
b. penyakit jantung dan stroke
c. stress
d. menurunkan kadar koleterol dalam darah.
4. BUAH MANGGA (MANGO)
- mangga mengandung vitamin A, E dan C.
- mangga dapat bertindak sebagai disinfektan.
- mangga dapat membersihkan darah.
- mangga dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. bau badan / bb / bau tubuh yang tidak enak.
b. menurunkan panas tubuh saat demam.
5. BUAH STRAWBERRY (STRAWBERRY)
- stoberi mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C.
- stobery mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas.
- strawbery memiliki kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.
b. menjadi anti virus
c. menjadi anti kanker
6. BUAH APEL (APPLE)
- apel mengandung vitamin A, B dan C.
- aple dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
- apel mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menjadi zat anti kanker.
b. mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.
7. BUAH JERUK (ORANGE)
- jeruk mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
- jeruk mengandung antikanker bagi tubuh.
- jeruk dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. mengobati sariawan.
b. menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.
8. BUAH PEAR / PIR (PEAR)
- pear mengandung vitamin C dan provitamin A.
- pear mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.
- pear dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menurunkan demam / panas tubuh.
b. mengencerkan dan menhilangkan dahak pada batuk berdahak.
9. BUAH JAMBU BIJI MERAH / JAMBU MERAH (GUAVA)
- jambu merah mengandung vitamin C yang sangat banyak.
- jambu merah mengandung zat antioxidan dan antikanker.
- jambu merah mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menurunkan kadar kolesterol darah
b. mengobati infeksi.
c. menjaga mengobati sariawan.
d. memperlancar peredaran darah.
e. melancarkan saluran pencernaan.
f. mencegah konstipasi.
10. BUAH SEMANGKA (WATERMELON)
- semangka mengandung vitamin C dan provitamin A.
- semangka dapat menjadi antialergi.
- semangka mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
seperti :
a. menurunkan kadar kolesterol.
b. mencegah dan menahan serangan jantung.
11. BUAH MELON (HONEYDEW)
- melon mengandung vitamin C dan provitamin A.
- melon mengandung zat anti kanker dan anti oksidan.
- melon mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. mencegah darah menggumpal.
b. membersihkan kulit.
c. menlancarkan saluran pencernaan.
d. menurunkan kadar kolestrerol.
12. BUAH WORTEL (CARROT)
- wortel kaya akan vitamin A.
- wortel baik untuk menjaga kesehatan mata.
- wortel mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. meningkatkan kekebalan dan ketahanan tubuh jasmani.
b. menjaga hati tetap sehat.
13. BUAH BELIMBING (STAR FRUIT)
- belimbing mengandung vitamin C dan provitamin A.
- belimbing dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.
- belimbing mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menurunkan tekanan darah.
b. menurunkan kadar / tingkat kolesterol dalam tubuh.
14. BUAH NANAS (PINEAPPLE)
- nanas mengandung vitamin B dan C.
- nanas dapat mencegah terkena serangan jantung dan stroke / struk.
- nenas dapat mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menyembuhkan luka.
b. menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.
Untuk menjadi sehat alami tanpa bahan kimia makanlah berbagai buah secukupnya setiap hari demi kesehatan badan kita yang sangat berharga.
KHASIAT BUAH JERUK

Hasil riset terbaru membuktikan, ternyata buah jeruk memiliki banyak manfaat diantaranya:

1. Menurunkan resiko penyakit jantung
Jeruk orange mengandung Hesperidin, senyawa antioksidan yang dapat menurunkan total kolesterol sampai 16 % dan mencegah kolesterol jahat LDL menempel pada pada dinding pembuluh arteri. Jika anda makan buah jeruk, akan mendapatkan 250 gram potassium yang dapat menurunkan tekanan darah sampai 9 poin dalam 3 minggu

2. Menurunkan risiko kanker
Jeruk mengandung lycopene, yang membersihkan radikal-radikal bebas sebelum merusak jaringan halus, sehingga mencegah kerusakan sel-sel dan perubahan-perubahan dalam sel sejak dini yang dapat menyebabkan kanker. Hanya dengan mendapatkan 25 gram lycopene dapat mengurangi resiko kanker payudara, paru dan kolon sebanyak 70 %.

3.Mempercepat penyembuhan pilek dan flu
Flavonoids dalam kulit jeruk dan selaput putih pada buahjeruk dapat meningkatkan kekuatan neutrophils sampai 3 % dalam 20 menit. Neutrophils adalah sel imun yang bekerja sebagai antibodi untuk menghancurkan bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Setiap 2 buah jeruk memberikan paling sedikit 120 mg neutrophils.


Dan yang pasti kita memilih buah jeruk yang segar jika akan membeli buah jeruk. Percuma saja jika buah-buahan yang kita beli dalam kondisi tidak baik (busuk), bukannya jadi sehat malahan bisa menyebabkan sakit. Buah-buahan segar itu banyak mengandung vitamin, apalagi jika kita tahu kandungan didalam buah itu kita akan dapat menguji manfaatnya didalam tubuh kita.

Buah Apel Penangkal Penyakit

Buah apel selain rasanya enak ternyata juga memiliki khasiat2 tertentu untuk menangkal penyakit. Kandungan serat yang terdapat pada apel ternyata sangat tinggi, menurut informasi yang saya peroleh untuk setiap buah apel yang berukuran sedang mengandung sekitar 5 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. serat yang terkandung pada apel tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan juga terbukti dapat menurunkan berat badan.

Yang menariknya lagi pada kulit apel terdapat zat yang bernama zat fitokimia. Zat ini bermanfaat untuk menghambat sel kanker usus. Buah apel juga dapat mengatasi sembelit, dan meredakan diare, sebab menurut informasi yang saya peroleh dari sebuah buku yaitu 'Healing Foods' apel sangat bermanfaat untuk pencernaan seperti yang sudah saya kemukakan diatas.

Jadi, didalam buah apel tersebut banyak sekali terkandung zat- zat yang bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit. Saya menyarankan kepada seluruh member yang membaca tulisan saya ini untuk mengkonsumsi apel sebanyak mungkin sebab sangat baik bagi kesehatan.

Meralat Anggapan Salah Tentang Pisang, Dan Meyakinkan Kita, Sehat Bila Mengkonsumsikannya...

Pengetahuan tentang pisang ini saya kutip dalam situs KOMPAS, karna menarik untuk diketahui. Penjelasan yang diutarakan Netty Widyastuti, memberikan banyak sekali manfaat, sehingga saya tertarik untuk membuat opini agar berguna bagi anda semua. Karna banyaknya hal penting yang dirasa perlu,maka baiknya saya menulisnya dalam point bersusun.

1. Dalam sebuah pisang matang, terdapat 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg , serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya.
2. Gula dalam pisang efektif dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah.
3. Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
4. Bagi penderita anemia, dianjurkan mengkonsumsi 2 pisang setiap hari karna mengandung zat besi.
5. Dicampur dengan susu cair, efektif bagi mereka yang mengalami kasus penyakit usus, sakit perut dan menetralkan keasaman lambung.
6. Jenis pisang goroho (Pisang dari daerah Gorontolo), merupakan makanan tambahan bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, jenis pisang klutuk dan pisang kepok mempunyai khasiat sebagai obat pendarahan usus, amandel, disentri, pertumbuhan rambut, dan juga untuk berkumur.
7. Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.
8. Dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil.
9. Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini , peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari
10. Tidak dianjurkan mengkonsumsi pisang yang mentah, karna akan sulit dicerna.

Semoga hal ini dapat menambah pengetahuan anda semua. Semoga anda semua juga dapat semakin sehat, dan kerap menjaga kesehatan.

Jus Jambu Biji Berdaging Merah Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jambu biji dengan nama latin Psidium Guajava Linn mempunyai manfaat yang sangat besar. Saya dan keluarga saya pernah mengalami sendiri manfaat buah ini untuk kesehatan. Sekitar 2 tahun yang lalu kakak saya terkena demam berdarah dan harus dirawat di rumah sakit. Kondisinya sangat mengkhawatirkan dan kritis karena terlambat menyadari terkena penyakit demam berdarah. Gejala awal demam yang sangat mirip dengan penyakit tifus bisa mengaburkan diagnosa awal. Kadar Trombosit darah dibawah rata-rata membuat kami panik.

Penyakit demam berdarah (Dengue Fever) hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Yang bisa dilakukan adalah pencegahan dengan mengurangi habitat nyamuk pembawa penyakitnya. Dan kalau sudah terjangkit penyakitnya, yang bisa dilakukan adalah mengandalkan sistem pertahanan tubuh sendiri dalam memerangi penyakit tersebut dan berdoa. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter hanya untuk mengurangi gejala penyakit dan membantu kerja sistem kekebalan tubuh.

Mengikuti saran seorang teman, kami mencoba memberikan jus jambu biji berdaging merah sebanyak 3x sehari. Tentu saja hal ini dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter yang merawat, dan pemberian jus jambu diberi jarak yang cukup dengan pemberian obat-obatan lainnya. Hasilnya diluar dugaan. Sehari setelah pemberian jus, kadar trombosit darah mulai meningkat. Bahkan pada hari keduanya, kadar trombosit meningkat dengan drastis dan hampir menembus batas normal. Singkat kata, akhirnya kakak kami dapat diselamatkan dan kembali sehat.

Pengalaman berikutnya saya sendiri yang mengalami. Sekitar 2 bulan yang lalu saya terkena flu perut. Dengan gejala diare terus menerus lebih dari 3 hari dan demam. Apapun juga yang masuk dari mulut akan segera dikeluarkan dari bawah (maaf). Pada hari keempat, paginya saya mencoba meminum juz jambu ini dan sorenya mulai terasa perbaikan. Terapi saya lanjutkan hingga 3 hari, dan akhirnya sembuh kembali.

Apa yang terkandung pada jambu biji ini?Ternyata kandungan vit.C-nya jauh lebih tinggi dari jeruk (jambu 183,5 mg dan jeruk mandarin 30,8 mg). Kemudian ada juga kandungan asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A dan B1. Ada kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol. Juga kandungan tanin yang bersifat astringent yang bermanfaat sebagai anti diare dan mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare.

Sebutir jambu biji dengan manfaat yang besar, bukan?!

sumber: pintunet.com
Khasiat Mangga dalam Selada dan Puding

Mangga digemari banyak orang di seluruh dunia. Buah ini kaya zat gizi, dan bisa diolah menjadi macam-macam makanan, termasuk selada dan puding.

Buah mangga berasal dari Himalaya India dan Burma. Mangga telah dibudidayakan sejak lebih dari 4.000 tahun lalu. Sekarang telah tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah tropis dan subtropis.

Mangga sangat populer karena rasanya manis, ada pula yang manis asam. Karoten dan karbohidrat yang dikandungnya mudah diserap tubuh. Vitamin C dan seratnya pun cukup tinggi.

Dalam pengobatan tradisional Cina, mangga biasa dimanfaatkan untuk mengurangi keringat yang berlebihan dan meredakan diare. Serat buah ini mampu mengurangi lemak tubuh.

Mangga sebagai sumber kalium berkhasiat meredakan tekanan darah tinggi. Hasil penelitian ilmiah, asupan 2,3 mg-3,1 mg kalium sehari mampu mengurangi 25 persen risiko kematian yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Kurangi Risiko Kematian

Risiko anemia pada kaum vegetarian sangat tinggi. Ini disebabkan sumber zat besi dari tumbuhan susah diserap tubuh. Mengonsumsi mangga sebagai sumber vitamin C dan betakaroten dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral penting tersebut.

Mangga mengandung antioksidan terkenal, yaitu cryptoxanthin. Berdasarkan hasil penelitian terhadap lebih dari 15.000 wanita dengan kadar betacryptoxanthin tinggi dalam darahnya, risiko mereka menderita kanker indung telur sangat rendah. Wanita yang memperhatikan asupan betacryptoxanthin dalam pengaturan makan sehari-hari terlindungi dari jenis kanker tersebut.

Diet tinggi betakaroten mampu meningkatkan sistem imunitas, khususnya pada orang lanjut usia. Hasil penelitian menunjukkan, sistem imunitas sel menjadi aktif jika kita mengonsumsi betakaroten dari makanan.

Mangga yang kaya akan antioksidan juga dapat memperbaiki sel dan secara alami membunuh virus dan tumor penyebab penyakit. Konsumsinya secara teratur dapat mengurangi risiko pertumbuhan tumor dan infeksi.

Puding Mangga Saus Vanila
untuk 5 porsi (1 porsi = 153 kalori)

Bahan:
• 400 ml jus mangga, dari 500 gr daging mangga.
• 1 bks agar-agar bubuk putih
• 50 gr gula pasir
• 2 btr putih telur

Bahan Saus Vanila:
• 200 ml susu
• 1 btr kuning telur
• 30 gr gula pasir
• 1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
• Vanili secukupnya

Cara membuat:
1. Campur jus mangga bersama agar-agar bubuk dan 25 gr gula pasir, jerang di atas api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih, angkat, sisihkan.

2. Sementara itu, mikser putih telur bersama sisa gula sampai kental. Setelah kental, angkat miksernya. Tuangi agar-agar yang mendidih tadi ke pulih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3. Ambil 5 buah cetakan kecil, basahi air terlebih dahulu, tuang adonan agar ke dalamnya dan dinginkan.

4. Buat saus Vanila: Rebus susu. sementara itu campur kuning telur dengan gula pasir dan cokelat bubuk, aduk. Tuangi susu panas sedikit aduk rata, kemudian tuang kembali ke dalam panci susu, aduk. Masukkan larutan tepung maizena, masak sambil diaduk-aduk, beri vanili, aduk rata. Setelah mendidih, angkat, dinginkan.

5. Keluarkan puding dari cetakan, hidangkan dengan disiram saus vanila.

Selada Mangga Saus Stroberi
untuk 5 porsi (1 porsi = 119 kalori)

Bahan:
• 500 gr daging mangga dipotong dadu

Bahan Saus Stroberi:
• 200 gr stroberi ditambah 150 ml air dibuat jus
• 75 gr gula pasir
• 1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
• Esens stroberi secukupnya jika suka

Cara membuat:
1. Buat Saus Stroberi: Jus stroberi direbus bersama gula, masukkan larutan maizena pada rebusan jus, masak sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih dan kental, angkat, beri esens stroberi, aduk rata, dinginkan.

2. Sajikan potongan mangga dalam piring saji kemudian siram dengan saus stroberi.

3. Hidangkan.
  


Windows® phone